Pages

Kamis, 10 Februari 2011

pertanyaan tentang malaikat

1.apa tugas malaikat jibril setelah wafatnya rasulullah ?

jawab :

tugas malaikat jibril dari awal penciptaannya hingga akhir zaman sekalipun tetaplah menyampaikan wahyu kepada umat manusia, memang yang kita kenal dalam kehidupan sehari- hari bahwa malaikat jibril itu umumnya memberikan wahyu dari allah swt kepada rasulullah untuk dirinya maupun untuk diberikan kepada umatnya.
Namun hal tugas malaikat jibril tidaklah terbatas hanya untuk rasulullah, akan tetapi malaikat jibril tetap memberikan wahyu kepada manusia dengan seizin allah agar seseorang maupun kelompok manusia dapat menerima petunjuk yang disampaikan oleh para kaum muslimin dan ahli kitab.
Contohnya saja jika kita melihat para anak muda yang asalnya jarang mengerjakan amal ibadah, kemudian salah satu diantara teman mereka ada yang meninggal sehingga orang tersebut sadar bahwa setiap orang akan mengalami kematian, sehingga yang kesehariannya jarang beribadah kini beribadah kepada allah dengan sungguh- sungguh, itulah petunjuk dari allah yang di wahyukan kepada malaikat jibril kepada orang tersebut, walaupun wahyunya tidaklah secara langsung diberikan pada orang tersebut.


2.Apakah malaikat derajatnya lebih tinggi di banding manusia lainnya

Jawab
Jawaban apakah lebih tinggi ataupun lebih rendah itu tergantung kepada manusia itu sendiri seandainya manusia itu memiliki sifat seperti malaikat yang taat kepada allah maka orang tersebut lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan malaikat, karena orang tersebut harus menahan nafsunya sehingga dapat menjalankan perintah allah dengan baik, sementara itu malaikat tidaklah memiliki hawa nafsu, sehingga malaikat tidaklah mungkin berbuat dosa, akan tetapi hanyalah mengerjakan ketaatannya kepada allah semata.
Akan tetapi jika manusia itu sendiri jarang beribadah dan hanya membuat kerusakan di bumi ini. Maka derajatnya lebih rendah dibandingkan malaikat. Karena dirinya tidak dapat melakukan ketaatan sebagaimana yang diperintahkan olah allah. Bahkan dirinya dalam al-quran derajatnya lebih rendah dibandingkan dengan hewan.
Namun pada dasarnya manusialah yang harusnya lebih baik dibandingkan dengan malaikat, karena dalam al-quran menyebutkan bahwa allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, yang gunanya untuk di fungsikan sebagaimana mestinya.




3.Apakah malaikat akan mengalamikematian?

Jawab
Kalau kita berbicara mengenai kematian, maka kita harus mengutip pada ayat yang mengatakan bahwa setiap yang bernyawa pasti mengalami kematian, dari sana kita dapat menyimpulkan bahwa semua makhluk allah baik manusia, malaikat, hewan, jin dan lainnya pasti mengalami mati.
Namun yang menjadi permasalahan besar, bagaimana malaikat maut mengalami kematian yang berhubungan dengan tugas kemalaikatannya sendiri yaitu mencabut nyawa. Namun makhluk tetaplah makhluk. Nyawa malaikat maut tetaplah milik allah, dan harus dikembalikan kepada allah.
Menurut sebuah kisah tentang malaikat maut. Bahwa malaikatul maut ini akan mati setelah semua makhlu allah di matikan, dan menurut kisah tersebut dikatakan bahwa malaikatul maut adalah makhluk yang pertama hidup dan yang terakhir mati.
Menurut kisahnya bahwa malaikat ini akan di suruh oleh allah untuk mencabut nyawanya sendiri. Malaikatul maut harus taat kepada allah karena ia adalah seorang malaikat. Dan di kisahkan saat ia mencabut nyawanya sendiri, ia baru merasakan sakitnya maut.



4.Apakah makna dari mengetahui malaikat serta dengan tugas mereka sebagai malaikat?

Jawab
Makna mempelajari iman kepada malaikat yaitu bisa menjadikan pelajaran bagi kita semua bahwa di dunia ini allah mensyariatkan malaikat untuk menstabilitaskan kehidupan, selain itu kita jadi mengerti bahwa di sisi kanan maupun sisi kiri pasti ada malaikat yang mengawasi yaitu munkar wa nakir.
Selain itu makna mempelajari iman pada malaikat adalah mengajarkan kita untuk selalu taat kepada allah, sesuai dengan sikap yang di cerminkan malaikat yang selalu tunduk kepada allah dan tidak pernah lalai maupun meninggalkannya.
Selain itu kitapun menjadi semakin waspada apa yang akan dilakukan oleh kita, karena kita sadar bahwa malaikat mengawasi kita dan mencatat segala apa yang sedang kita lakukan walaupun kebaikan ataupun kejelekan yang besarnya sebesar biji zarah sekalipun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar